PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI
A.M. Williams dalam “ Organization of Canadian Government Administration”
(1965), menyatakan prinsip organisasi meliputi :
1. Prinsip Tujuan
Prinsip tujuan ini memiliki makna bahwa
terbentuknya sebuah organisasi haruslah didasari oleh adanya sebuah
tujuan. Bukanlah sebuah organisasi apabila organisasi tersebut tidak memilki
tujuan. Contohnya adalah Muhammadiyah yang memiliki tujuan untuk “menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam
sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”. (http://blog.unila.ac.id/yuci/keorganisasian/).
2. Prinsip
Skala Hirarkhi
Skala hirarkhi memiliki makna berupa tingkatan kepemimpinan. Dalam sebuah
organisasi diperlukan garis kepemimpinan yang terstruktur dengan baik dan rapi
dari pimpinan utama hingga para pelaksana. Dengan adanya tingkatan dalam sistem
kepemimpinan maka akan mempermudah pembagian wewenang dan tanggung jawab. dan
akan menunjang efektivitas jalannya organisasi secara keseluruhan, sehingga
dapat mempermudah kerja organisasi dalam
upaya pencapaian tujuan.
3. Prinsip
Kesatuan Perintah
Kesatuan perintah memiliki makna yaitu seorang anggota organisasi hanya
menerima perintah atau bertanggung jawab kepada seorang atasan saja. Sehingga
dalam prinsip ini pimpinan berperan penting karena pemimpin memiliki kewajiban untuk
mengawasi setiap kebijakan yang muncul di bawah kepemimpinannya. (http://blog.unila.ac.id/yuci/keorganisasian/)
4. Prinsip
Pendelegasian Wewenang
Setiap orang memiliki sebuah
keterbatasan, begitu juga dengan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan
terbatas dalam menjalankan pekerjaannya, sehingga perlu dilakukan pendelegasian
wewenang kepada bawahannya. Pejabat yang diberi wewenang harus dapat menjamin
tercapainya hasil yang diharapkan. Dalam pendelegasian wewenang, wewenang yang
dilimpahkan meliputi kewenangan dalam pengambilan keputusan, melakukan hubungan
dengan orang lain, dan mengadakan tindakan tanpa minta persetujuan lebih dahulu
kepada atasannya lagi. Meski begitu atasan-lah yang tetap harus
bertanggung jawab atas pengambilan keputusan tersebut. (
http://sepriblog.blogspot.com/2010/10/prinsip-prinsip-organisasi.html).
5. Prinsip
Pertanggungjawaban
6. Prinsip
Pembagian Pekerjaan
Untuk mencapai tujuannya, sebuah organisasi melakukan berbagai aktivitas
atau kegiatan. Agar kegiatan tersebut dapat berjalan optimal maka dilakukan
pembagian tugas / pekerjaan (job description) yang didasarkan kepada kemampuan
dan keahlian dari masing-masing pegawai.
Kejelasan dalam pembagian tugas juga akan menimbulkan kejelasan dalam
pendelegasian wewenang, pertanggungjawaban, serta menunjang efektivitas
jalannya organisasi. Dalam pembagian kerja seorang pimpinan mempunyai kewenangan
untuk memberikan perintah / tugas terhadap pegawai.
7. Prinsip
Rentang Pengendalian
Prinsip rentang pengendalian memiliki makna bahwa jumlah bawahan atau
staf yang harus dikendalikan oleh seorang atasan perlu dibatasi secara
rasional. Rentang kendali ini sesuai dengan bentuk dan tipe organisasi, semakin
besar suatu organisasi dengan jumlah pegawai yang cukup banyak, semakin kompleks
rentang pengendaliannya. Dalam menentukan banyaknya jumlah bawahan maka dituntut
adanya batasan proposional suatu organisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan
organisasi tersebut. Apabila jumlanya bawahan atau staf yang harus dikendalikan
berjumlah banyak maka semakin besar juga pengendalian yang harus dilakukan.
8. Prinsip
Fungsional
Prinsip Fungsional ini menjelaskan bahwa seorang pegawai dalam suatu
organisasi secara harus memiliki kejelasan dalam tugas, wewenang, kegiatan,
hubungan kerja, serta tanggung jawab dari pekerjaannya. Hal ini juga
berhubungan dengan prinsip pembagian kerja. Dan prinsip fungsional juga memiliki
kekuatan penting dalam mengontrol dan mengatur pembagian tugasnya secara
fungsional . (
http://sepriblog.blogspot.com/2010/10/prinsip-prinsip-organisasi.html)
9. Prinsip
Pemisahan
Prinsip ini menekankan bahwa beban tugas pekerjaan seseorang tidak dapat
dibebankan tanggung jawabnya kepada orang lain. Prinsip pemisahan juga
menjelaskan bahwa telah ada bagian tugas bagi setiap pegawai / staf dan akan
dipertanggung jawabkan kepada pemimpin. (
http://blog.unila.ac.id/yuci/keorganisasian/).
10. Prinsip
Keseimbangan
Keseimbangan yang dimaksud dalam prinsip ini adalah keseimbangan antara
struktur organisasi yang efektif dengan tujuan organisasi. Dalam hal ini,
penyusunan struktur organisasi harus sesuai dengan tujuan dari organisasi
tersebut. Tentunya tujuan organisasi akan lebih mudah dicapai apabila segala
aktifitas organisasi dapat berjalan dengan baik, dan itu hanya akan didapat
apabila
terdapat struktur organisasi
yang baik. (
http://blog.unila.ac.id/yuci/keorganisasian/).
11. Prinsip
Fleksibilitas
Prinsip Fleksibilitas ini menerangkan bahwa fleksibilitas dari suatu
organisasi akan mempengaruhi eksistensi organisasi tersebut dalam menghadapi
perkembangan. Organisasi harus senantiasa melakukan pertumbuhan dan
perkembangan sesuai dengan dinamika organisasi sendiri (internal factor) dan
juga karena adanya pengaruh dari luar organisasi (external factor), sehingga
organisasi mampu menjalankan fungsi-fungsinya dalam upaya mencapai mencapai
tujuannya. Organisasi yang mampu berkembang dan menyesuaikan terhadap
pertumbuhan sosial akan mampu terus tumbuh dan membuat organsasi tersebut
menjadi lebih baik. (http://sepriblog.blogspot.com/2010/10/prinsip-prinsip-organisasi.html).
12. Prinsip
Kepemimpinan
Memiliki
sebuah sistem yang baik tidaklah cukup bagi sebuah organisasi untuk meraih tujuan
yang dicita-citakan, ini disebabkan organisasi membutuhkan sebuah kepemimpinan
yang baik. Pimpinan akan dijadikan panutan oleh para bawahannya. Apabila
seorang pemimpin menunjukkan sikap dan etos kerja yang baik, maka ini akan berdampak positif bagi perkembangan
organisasi tersebut karena menjadi motivasi bagi para bawahannya untuk turut
memberikan kontribusi maksimal dalam mewujudkan tujuan organisasi, atau dengan kata lain organisasi mampu
menjalankan aktivitasnya karena adanya proses kepemimpinan yang digerakan oleh
pemimpin organisasi tersebut. (http://blog.unila.ac.id/yuci/keorganisasian/).
DAFTAR PUSTAKA
http: //blog.unila.ac.id/yuci/keorganisasian/,
Keorganisasian, 09/042012, 20.00 WIB
http: //sepriblog.blogspot.com/2010/10/prinsip-prinsip-organisasi.html,
Prinsip-Prinsip Organisasi, 09/042012,
20.02 WIB
http: //www.fedri-hidayat.co.cc/2010/05/prinsip-prinsip-organisasi.html,
Prinsip-Prinsip Organisasi, 09/04/2012,
20.03 WIB