http://klikajadeh.com/?r=japang

Selasa, 24 Juli 2012

Pengertian Kebijakan Publik


PUBLIK

Nama "publik" berasal dari bahasa Latin " Populus "atau" poplicus ", dan pada umumnya menunjukkan beberapa populasi massa (" rakyat ") dalam kaitannya dengan beberapa hal yang menjadi kepentingan bersama. Jadi dalam ilmu politik dan sejarah, publik adalah populasi individu dalam hubungan urusan sipil, atau urusan kantor atau negara. Dalam psikologi sosial, pemasaran, dan hubungan masyarakat, publik memiliki definisi yang lebih situasional. John  Dewey  mendefinisikan suatu publik sebagai sekelompok orang yang, dalam menghadapi masalah yang sama, mengakui dan mengorganisir diri untuk mengatasi itu.

KEBIJAKAN

Kebijakan biasanya digambarkan sebagai prinsip atau aturan untuk menuntun keputusan dan mencapai hasil rasional . Istilah ini biasanya tidak digunakan untuk menunjukkan apa yang sebenarnya dilakukan, ini biasanya disebut sebagai prosedur atau protokol. Sedangkan kebijakan akan berisi 'apa' dan 'mengapa', prosedur atau protokol berisi 'apa', yang 'bagaimana', yang 'mana', dan 'ketika'.
Aminullah dalam Muhammadi (2001: 371 – 372)
Kebijakan adalah suatu upaya atau tindakan untuk mempengaruhi sistem pencapaian tujuan yang diinginkan, upaya dan tindakan dimaksud bersifat strategis yaitu berjangka panjang dan menyeluruh.
Ndraha 2003: 492-499
Kebijakan berasal dari terjemahan kata policy, yang mempunyai arti sebagai pilihan terbaik dalam batas-batas kompetensi actor dan lembaga yang bersangkutan dan secara formal mengikat.

KEBIJAKAN PUBLIK

W. I. Jenkins
Kebijakan publik adalah serangkaian keputusan yang saling terkait yang ditetapkan oleh seorang aktor politik atau sekelompok aktor politik berkenaan dengan tujuan yang dipilih beserta cara-cara untuk mencapainya dalam situasi di mana keputusan-keputusan itu pada dasarnya masih berada dalam batas-batas kewenangan kekuasaan dari para actor.
Randall B. Ripley
Kebijakan public dilihat sebagai suatu proses dan melihat proses tersebut dalam satu model yang sederhana untuk dapat memahami konstelasi agar aktor dan interaksi yang terjadi di dalamnya.
William N. Dunn
Kebijakan publik adalah suatu proses ketata pemerintahan dan administrasi pemerintah yang menghasilkan keputusan pemerintah, dimana instansi yang terkait mempunyai wewenang atau kekuasaan dalam mengarahkan masyarakat dan tanggung jawab melayani kepentingan umum.
UNDP
Kebijakan Publik adalah upaya Pemerintah untuk melakukan perbaikan diberbagai sektor dengan mengedepankan keterbukaan, transparasi, dalam pembuatannya.
Harold D. Lasswell & Abraham Kaplan
Kebijakan publik adalah suatu program pencapaian tujuan, nilai-nilai dan praktik-praktik yang terarah.
Nakamura dan Smallwood
Kebijakan publik sebagai keputusan yang mempunyai tujuan dan maksud tertentu, berupa serangkaian instruksi dan pembuatan keputusan kepada pelaksana kebijakan yang menjelaskan tujuan dan cara mencapai tujuan.
Dimock
Kebijakan publik adalah perpaduan dan kristalisasi daripada pendapat-pendapat dan keinginan-keinginan banyak orang dan golongan dalam masyarakat.
Edward dan Sharkansky
Kebijakan publik adalah apa yang dinyatakan dan dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintah. Kebijakan itu berupa sasaran atau tujuan program-program pemerintah.
David Easton
Kebijakan Publik adalah pengalokasian nilai-nilai secara sah/paksa kepada masyarakat.

 FORMULASI

Formulasi identik dengan mengembangkan rencana, metode, atau resep untuk mencapai kebutuhan. Sedangkan definisi dari Formulasi tersebut adalah sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang dibuat menurut prosedur tertentu (disebut "rumus"). Formulasi yang dibuat untuk aplikasi tertentu dan biasanya lebih efektif daripada masing-masing komponen pada saat digunakan secara tunggal

FORMULASI KEBIJAKAN PUBLIK
Formulasi kebijakan publik adalah pengembangan program yang efektif dan dapat diterima tindakan untuk mengatasi apa yang telah ditempatkan pada agenda kebijakan publik.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by dejavang - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes